Gemar membaca diteknologi yang berkembang pesat..gimana yah??

Sepertinya perkembangan membaca di Indonesia semakin hari semakin pesat. Karna melalui membaca, seseorang dapat memperoleh berbagai macam pengetahuan secara jangka panjang. Namun pesatnya perkembangan membaca tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan dan kemudahan akses buku dan ragam bacaan lainnya. Untuk mengurangi kesenjangan tersebut, pemerintah melalui salah satu institusinya yang dinamakan perpustakaan harus berupaya untuk memberikan kemudahan dan ketersediaan akses dalam lingkup masyarakat umum dan sekolah melalui pengembangan gerakan membaca buku.

semua orang akan mendapatkan manfaat dari membaca buku sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh sebab itu perpustakaan harus fokus pada upaya pemberian solusi dalam tiga bidang penting yang saling berkaitan yaitu, transformasi informasi, mengembangkan inovasi layanan, dan membuka ruang bagi perkembangan teknologi informasi.

Persoalan minat baca menjadi topik yang kerap dibahas media massa cetak dan elektronik. Kendati masalahnya berulang, tetapi aspek ini menarik untuk ditelaah. Bangsa kita dicap tidak gemar meresapi aksara bahkan enggan membaca. Posisi Indonesia selalu berada di deretan negara dengan tingkat minat baca terendah.

Upaya pemberantasan buta aksara erat kaitannya dengan perhatian minat baca masyarakat. Dengan peningkatan angka melek huruf suatu bangsa, minat baca pun seyogyanya ditingkatkan. Melek huruf bukan sekedar paham baca tulis, tapi lebih dari itu. Harus ada cara mengajak masyarakat yang sudah melek aksara agar menjadikan buku sebagai media penggali informasi dan sarana penambah ilmu    Pengetahuan di luar media lain yang tambah populer dan dominan dipilih.

Maraknya hiburan, permainan dan tayangan televisi dewasa ini cukup mengalihkan perhatian anak-anak dan orang dewasa dari buku, majalah atau surat kabar. Ini karena pilihan konsumsi masyarakat kita lebih condong kepada tayangan audio visual.

Pemerintah harus memberi dukungan  penuh bagi tersebarnya taman bacaan rakyat, perpustakaan keliling, tempat bacaan umum, dan lain-lain sehingga masyarakat mudah mendapatkan bahan bacaan. Dan ini seharusnya dilakukan berkesinambungan, jangan hanya temporer saja.

Akan tetapi membaca tidak hanya  dalam buku..akan tetapi didunia maya (internet) pun menjadi tempat yang sangat digemari. Walaupun banyak yang salah menggunakan kemajuan teknologi ini. Dengan menggunakan internet kita bias dengan mudah mengakses informasi apapun yang kita inginkan yang kita mau tahu. Akan tetapi internet bagi para pelajar malah disalah gunakan, ada yang hanya untuk bermain game, ke situs-situs terlarang, dan ada yang hanya membuka internet tuk situs pertemanan. Padahal dengan adanya internet banyak hal yang bisa kita baca dan menambah wawasan dunia…..!!!!

menulis-buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: